Tinjauan pustaka obesitas pada anak

Anak-anak yang obesitas tidak hanya lebih berat dari anak-anak seusianya, tetapi juga lebih cepat matang pertumbuhan tulangnya. Untuk menghitung komposisi menu, Dr.

Mencegah atau menangani obesitas pada anak-anak dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti ini saat mereka dewasa. Strategi ini menyebabkan anak-anak tetap menambah tinggi badan mereka tanpa harus menambah berat badan, sehingga indeks massa tubuh akan terus menurun seiring dengan bertambahnya waktu sampai pada kisaran normal.

Alat kelamin pada anakanak laki seolah-olah kecil, karena adanya timbunan lemak pada daerah pangkal paha. Bagaimanapun, depresi adalah masalah yang serius baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Stress dan kecemasan juga akan mengganggu proses belajar.

Penurunan berat badan harus dilakukan secara teratur dan sedikit demi sedikit.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Etiologi obesitas Kemajuan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi telah menciptakan suatu lingkungan dengan gaya hidup cenderung sedentary atau kurang gerak dan pola makan dengan makanan enak yang tinggi kalori dan lemak.

Infant weight gain and childhood overweight status in a multicenter, cohort study. Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan tingkat blood lipid yang abnormal 4.

Tidak hanya resiko penyakit kardiovaskular, tingkat penyakit diabetes pada anak obesitas pun meningkat dengan cepat Mahan, Faktor Tenyebab Terjadinya Obesitas Banyak faktor yang menyebabkan meningkatnya risiko terjadinya kelebihan berat badan dan obesitas pada anak: To overcome this obesity problem in children years oldit is necessary to provide health education to children from early age with appropriate information, education and communication such as anti smoking program, eat of fiber vegetables and fruits and develop a habitual of sport activities.

Kedua pola makan ini biasanya di picu oleh stres dan kekecewaan. Nasi boleh dikonsumsi. Penurunan badannya sekitar 1kg dalam seminggu.

Barry Sears dalam bukunya Enter the Zone. Daftar Pustaka 1. Perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor risiko obesitas pada anak-anak usia tahun dengan menanamkan pendidikan kesehatan pada anakanak sejak usia dini, melalui peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi, seperti gerakan anti rokok, gerakan cinta serat sayur dan buahserta membudayakan aktivitas fisik.

Kata kunci: Meskipun demikian, untuk anak yang mengalami obesitas, menjaga berat badan sambil menunggu pertambahan tinggi badan dapat menjadi sama sulitnya dengan menurunkan berat badan pada orang-orang dewasa. Puslitbang Gizi dan Makanan; Seperti pada para atlet yang berlatih dengan teratur akan menyebabkan masa otot yang tumbuh dengan baik akan memunyai berat badan rata-rata yang lebih dari sebayanya, namun tidak dapat disebut sebagai obesitas.

Tetapi, dengan adanya acara televisi yang memukau, kemudahan-kemudahan transportasi, dan perkembangan teknologi membuat anak-anak enggan melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan energi.

Makanan dan minuman seperti ini biasanya memiliki kandungan kalori dan gula atau garam yang tinggi. Akan tetapi, anak-anak yang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan, akan menambah lebih banyak berat daripada tinggi badan mereka.

Kegemukan dan obesitas dari segi kesehatan merupakan salah satu penyakit salah gizi, sebagai akibat konsumsi makanan jauh melebihi kebutuhannya.

Sehingga banyak ibu yang merasa bangga jika anaknya sangat gemuk, dan di satu pihak ada ibu yang kecewa ketika melihat anaknya tidak segemuk anak tetangganya. Anak-anak yang makan sejumlah kalori yang mereka butuhkan untuk aktivitas sehari-hari dan pertumbuhan yang normal, akan mengalami penambahan berat badan yang sesuai dengan pertambahan tinggi badan mereka.

Iklan-iklan tersebut sangat menarik sehingga banyak memengaruhi perilaku maupun pola makan anak-anak. Obesitas pada anak-anak secara khusus akan menjadi masalah karena berat ekstra yang dimilik anak tersebut pada akhirnya akan mengantarkannya pada masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh orang dewasa, seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Jadi bila mereka mengkonsumsi kolori dalam jumlah yang cukup untuk aktivitas sehari-hari, pertumbuhan dan metabolisme mereka, maka pertambahan berat badan mereka akan seimbang dengan pertambahan tinggi badannya. Obesitas pada anak.

Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok: Anak-anak rentan mengalami obesitas karena orang tua yang kurang mengetahui cara mengatur pola makan anak dengan baik.

Karena itu, pencegahan overweigth dan obesitas dimasa anak amat penting. Setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, penyerap guncangan, dan fungsi lainnya. Kegemukan pada masa anak-anak disebabkan oleh pola makan yang salah disertai aktivitas fisik yang rendah.

Masalah obesitas sendiri dapat terjadi pada usia anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Akan tetapi anak-anak yang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan, akan mendapatkan penambahan berat badan lebih banyak daripada yang dibutuhkan untuk menopang penambahan postur tubuh mereka. Buku Kedokteran EGC; Pada wanita dewasa, kehamilan dan menopause merupaka faktor yang dapat memicu terjadinya obesitas.

Bagi perempuan, lemak yang berlebih ini umumnya disimpan di perut, paha dan pinggul.Obesitas yang terjadi pada anak memiliki resiko bahaya yang lebih besar dibandingkan obesitas yang terjadi pada saat dewasa, karena obesitas yang disebabkan karena banyaknya jumlah sel lebih sulit disembuhkan dan meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit degeneratif di masa vsfmorocco.com: Kongiz-Q.

Das moderne 2-er Set Beistelltische CALA überzeugt durch seine Optik. menjadi obesitas pada anak perempuan yang berusia 4 sampai 5 dibandingkan dengan berat lahir lebih, namun tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir. 10 Universitas Indonesia risiko overweight dan obesitas. Pada anak-anak yang melewatkan makan pagi dilaporkan 27,5% overweight dan 9,6% obes (p=0,01 dan p=0, Diabetes Mellitus tipe-2 jarang ditemukan pada anak obesitas (Syarif, ).Prevalensi penurunan uji toleransi glukosa pada anak obesitas adalah 25% sedangkan Diabetes Mellitus tipe-2 hanya 4%.Hampir semua anak obesitas dengan Diabetes Mellitus tipe-2 mempunyai IMT > + 3SD atau > persentile ke 99 (Bluher et al, ).

Obesitas yang terjadi pada masa remaja ini perlu mendapatkan perhatian, sebab obesitas yang timbul pada waktu anak dan remaja bila kemudian berlanjut hingga dewasa akan sulit di atasi.

Tinjauan pustaka obesitas pada anak
Rated 3/5 based on 5 review